Fitur Canggih Bikin Mobil Aman dan Nyaman

Kenyamanan dan keamanan berkendara merupakan aspek penting yang wajib dipertimbangkan saat beli mobil. Pengemudi dan penumpang bisa betah meskipun perjalanan lama dan tetap merasa terlindungi dalam kabin mobil.

Tapi, fitur juga teknologi apa saja sih yang sebenarnya penting dan harus ada di mobil supaya perjalanan aman dan nyaman? Kalau sudah tahu, informasi ini bisa jadi referensi saat mau beli mobil.

Sistem suspensi

Tidak kasat mata, tapi kehadirannya terasa. Kira-kira seperti itulah cara kerja sistem suspensi mobil. Tapi, kecanggihannya bisa dirasakan langsung, terutama saat melewati jalan kurang mulus.

Suspensi sendiri fungsinya menyerap getaran agar mobil melaju stabil dan penumpang nyaman. Suspensi yang terlalu keras menghasilkan efek goncangan seperti sedang menaiki gerobak, sedangkan suspensi terlalu lunak goyangannya seperti sedang menumpang delman.

Namun, sekarang teknologi suspensi makin canggih dengan tambahan magnet dan diatur oleh sistem yang telah terkomputerisasi. Magnet ini berfungsi sebagai peredam aktif, sedangkan pegas tetap digunakan untuk menahan beban.

Dengan sistem tersebut, suspensi tidak hanya merespon goncangan tapi mengatur kekerasannya secara otomatis. Magnet bisa diatur menjadi renggang untuk membuat suspensi lebih lunak dan sebaliknya. Mobil melaju lebih stabil, penumpang pun nyaman.

Fitur keamanan

Mobil zaman now sudah ditempeli teknologi keamanan yang yahud seperti airbag di beberapa sudut (bukan hanya di dasbor saja) atau fitur seat pretension and force limiter supaya penumpang dan pengemudi tetap berada di jok kalau-kalau terjadi kecelakaan.

Selain itu, beberapa mobil juga sudah dilengkapi fitur vehicle stability control untuk menjaga kestabilan kendaraan saat bermanuver. Fitur hill assist control juga penting agar mobil tetap bisa melaju tanpa kendala saat melintasi tanjakan.

Supaya tambah aman, ada juga mobil yang dipasangi kamera di bagian belakang untuk membantu pengemudi melihat blind spot saat memundurkan mobil. Jadi, tidak perlu takut menyenggol mobil lain saat parkir.

Sementara itu, fitur drive mode system bisa juga dijajal untuk membuat pengalaman mengemudi makin asyik. Pengemudi bisa mengubah mode berkendara dari mode comfort, sport, race, sampai off-road. Tentu ketersediaan mode ini juga tergantung jenis mobil ya.

Fitur entertainment

Sudah aman dan nyaman, mobil makin mantap kalau punya fitur entertainment lengkap. Misalnya, sistem audio dan perangkat layar dengan konektivitas mumpuni yang bisa terhubung dengan berbagai perangkat, termasuk smartphone.

Bahkan, beberapa jenis mobil bisa mengoneksikan smartphone dengan sistem mirroring. Jadi, semua fitur yang ada di smartphone bisa digunakan di mobil juga.

Lebih jauh, fitur lain seperti rear seat entertainment bisa menjadi media hiburan bagi penumpang di jok belakang. Fitur ini menyediakan monitor agar penumpang bisa menikmati beragam tontonan.

Adapun fitur power outlet with compartment menyediakan colokan alias port sehingga kita bisa melakukan charging handphone, laptop dan sejenisnya. Jadi, kita tidak akan mati gaya saat berkendara jauh atau terjebak macet.

Tapi ya namanya juga harga tidak bisa bohong. Mobil dengan fitur-fitur lengkap seperti itu sudah pasti harganya juga mahal. Namun, tidak perlu khawatir, mobil berteknologi ini bisa didapatkan versi sekennya dengan harga lebih terjangkau.

Jadi, kalau mau upgrade mobil berfitur lengkap, meskipun bekas dan punya harga lebih terjangkau dibanding yang baru, pembeli tetap merasa tenang. Impian mobil yang lebih baru di tahun baru pun terwujud. Nah, cari mobil impianmu di halaman ini yuk!